Apakah 4 Kebajikan Utama itu

Apakah 4 Kebajikan Utama itu?

  • November 14, 2019

Kebajikan utama adalah empat kebajikan moral utama. Kata kardinal bahasa Inggris berasal dari kata Latin cardo, yang berarti “engsel.” Semua kebajikan lainnya bergantung pada empat ini: kehati-hatian, keadilan, ketabahan, dan kesederhanaan.

Plato pertama kali membahas kebajikan kardinal di Republik, dan mereka masuk ke dalam pengajaran Kristen melalui murid Plato, Aristoteles. Berbeda dengan kebajikan teologis, yang merupakan karunia Allah melalui anugerah, empat kebajikan utama dapat dipraktikkan oleh siapa pun; dengan demikian, mereka mewakili fondasi moralitas alami

Prudence: Kebajikan Kardinal Pertama

Thomas Aquinas menilai kehati-hatian sebagai kebajikan kardinal pertama karena berkaitan dengan kecerdasan. Aristoteles mendefinisikan kehati-hatian sebagai agibilium rasio rekta, “alasan yang tepat diterapkan pada praktik.” Keutamaan inilah yang memungkinkan kita untuk menilai dengan benar apa yang benar dan apa yang salah dalam situasi apa pun. Ketika kita salah mengira kejahatan demi kebaikan, kita tidak menjalankan kehati-hatian — pada kenyataannya, kita menunjukkan kekurangan kita.

Karena begitu mudah jatuh ke dalam kesalahan, kehati-hatian menuntut kita untuk mencari nasihat orang lain, khususnya mereka yang kita kenal sebagai hakim moral yang sehat. Mengabaikan nasihat atau peringatan orang lain yang penilaiannya tidak sesuai dengan kita adalah tanda tidak bijaksana.

Keadilan: Kebajikan Kardinal Kedua

Keadilan, menurut Santo Thomas, adalah kebajikan utama kedua, karena menyangkut kehendak. Sebagai Fr. John A. Hardon mencatat dalam Modern Catholic Dictionary-nya, adalah “tekad yang konstan dan permanen untuk memberi setiap orang hak yang seharusnya.” Kami mengatakan bahwa “keadilan itu buta,” karena seharusnya tidak peduli apa yang kita pikirkan tentang orang tertentu. Jika kita berhutang kepadanya, kita harus membayar tepat apa yang kita miliki.

Keadilan terhubung dengan gagasan tentang hak. Sementara kita sering menggunakan keadilan dalam arti negatif (“Dia mendapatkan apa yang pantas diterimanya”), keadilan dalam arti yang tepat adalah positif. Ketidakadilan terjadi ketika kita sebagai individu atau oleh hukum merampas seseorang dari apa yang menjadi kewajibannya. Hak-hak hukum tidak akan pernah melebihi yang alami.

Ketabahan: Kebajikan Kardinal Ketiga

Kebajikan utama ketiga, menurut St. Thomas Aquinas, adalah ketabahan. Sementara kebajikan ini umumnya disebut keberanian, itu berbeda dari apa yang kita anggap sebagai keberanian saat ini. Ketabahan memungkinkan kita untuk mengatasi rasa takut dan tetap stabil dalam kehendak kita dalam menghadapi rintangan, tetapi selalu beralasan dan masuk akal; orang yang memiliki ketabahan tidak mencari bahaya demi bahaya. Kehati-hatian dan keadilan adalah kebajikan yang melaluinya kita memutuskan apa yang perlu dilakukan; ketabahan memberi kita kekuatan untuk melakukannya.

Ketabahan adalah satu-satunya kebajikan utama yang juga merupakan karunia Roh Kudus, yang memungkinkan kita untuk mengatasi ketakutan alami kita dalam membela iman Kristen.

Kesederhanaan: Kebajikan Kardinal Keempat

Temperance, Saint Thomas menyatakan, adalah kebajikan kardinal keempat dan terakhir. Sementara ketabahan berkaitan dengan pengekangan rasa takut agar kita dapat bertindak, kesederhanaan adalah pengekangan dari keinginan atau nafsu kita. Makanan, minuman, dan seks semua diperlukan untuk kelangsungan hidup kita, secara individu dan sebagai spesies; namun keinginan yang tidak teratur untuk barang-barang ini dapat memiliki konsekuensi yang menghancurkan, fisik dan moral.

Kesederhanaan adalah keutamaan yang berusaha menjauhkan kita dari kelebihan, dan, dengan demikian, menuntut keseimbangan antara barang-barang yang sah dengan keinginan kita yang tak terkendali terhadapnya. Penggunaan kami yang sah atas barang-barang tersebut mungkin berbeda pada waktu yang berbeda; kesederhanaan adalah “makna emas” yang membantu kita menentukan seberapa jauh kita dapat bertindak berdasarkan keinginan kita.

admin

E-mail : admin@worldfusionsf.com